Hadiri AKKOPSI, Usmar: Kota Bogor Jadi Contoh Sanitasi Baik

25 Maret 2015

Heibogor.com - Kota Bogor telah memiliki master plan sanitasi kota. Program-program sanitasi masyarakat dengan konsep Mandi Cuci Kakus (MCK) komunal juga sudah sangat bermanfaat dengan melibatkan masyarakat luas.

Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman mengatakan hal itu kepada heibogor.com, Rabu (25/03/15), terkait dengan kehadiran dirinya pada Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) yang berlangsung di Bandung, bersama Gubernur Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Timur (Jatim) serta 74 kepala daerah se-Indonesia.

“Untuk tahun 2015 ini saja dengan penguatan komunitas jaringan kota sehat, akan membangun 12 MCK komunal yang sangat baik karena multifungsi, yaitu fungsi MCK dan fungsi pemberdayaan lingkungan dan ekonomi," jelas Usmar.

Untuk Kota Bogor sendiri, terangnya, sesuai dengan pemaparan atas capaian tersebut baik untuk capaian air bersih perpipaan (Perusahaan Daerah Air Minum) maupun nonperpipaan dan program sanitasi daerahnya telah mendapatkan pemaparan capaian melebihi target MDGs serta melebihi target provinsi dan nasional.

“Sebagai kota yang relatif telah mampu, tentunya Kota Bogor menjadi contoh bagi wilayah lainnya," kata Usmar.

Mengenai AKKOPSI ini, jelas Usmar, sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 185 Tahun 2014 tentang Percepatan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi, yang ditandatangani pada 22 Desember 2014 lalu.

Sumber : heibogor.com