Tim Verifikasi Kota Sehat Mulai Nilai Kota Bogor

25 Februari 2015

INILAHCOM, Bogor - Forum Kota Sehat dari Provinsi Jawa Barat mulai melakukan verifikasi lapangan di Kota Bogor, Rabu (25/2/2015). Tim verifikasi yang diketuai Julianto, diterima oleh Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman di Ruang Rapat Tengah Balaikota Bogor.

Julianto menyampaikan bahwa kunjungan ini adalah verifikasi penilaian awal. Dijadwalkan tim verifikasi akan kembali bulan depan untuk verifikasi akhir.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah lokasi khususnya masuk kriteria penilaian Kabupaten/Kota Sehat atau tidak, jelasnya.

Julianto juga menyampaikan apresiasinya atas prestasi Kota Bogor yang pada 2013 silam telah menyabet penghargaan Swatisaba Wiwerda.

Ada penambahan dua tatanan penilaian untuk Kota Bogor, yaitu tatanan lalu lintas sehat dan kawasan sosial sehat. Secara keseluruhan ada sembilan tatanan se Jawa Barat. Sementara dari 27 provinsi ada 17 yang masuk kriteria penilaian, ungkap Julianto.

Sementara itu, Usmar Hariman mengatakan, 8 poin dari Millenium Development Goals (MDGs) 2015 khususnya terkait persoalan masalah lingkungan hidup, baik dalam kapasitas penyediaan air bersih, maupun terkait dengan sarana prasarana sanitasi kota diklaimnya sudah terpenuhi.

Kota Bogor sudah melebihi target MDGs yang dimaksud dari hasil paparan Bappenas beberapa waktu lalu, jelasnya.

Tim verifikasi dijadwalkan menilai Kota Bogor mulai dari kawasan pedestrian menuju Stasiun Bogor, dan berlanjut ke Pasar Devris. Lokasi yang juga akan ditinjau di antaranya Puskesmas Pasir Mulya dan SMAN 5 Bogor, Kecamatan Bogor Barat. [hus]

Sumber : inilah.com