Kota Bogor Incar Swatisaba Wiwerda

25 Februari 2015

BOGORnews, == Setelah sukses meraih penghargaan Swasti Padapa di tahun 2013 lalu, kini Kota Bogor diunggulkan meraih penghargaan Swastisaba Wiwerda yakni penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah kepada Kota Sehat.

Untuk bisa meraih penghargaan tersebut, Tim verifikasi Kota Sehat Provinsi Jawa Barat, melakukan peninjauan ke Kota Bogor, Rabu (25/2/2015).  Kedatangan tim yang dipimpin Yulianto ini, diterima Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman dan Sekretaris Kota Bogor Ade Sarip Hidayat di Balaikota serta para pimpinan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Kota Bogor.

Ketua Tim Verifikasi Kota Sehat Jawa Barat menjelaskan bahwa  Kota Bogor pernah meraih penghargaan Swastai Padapa di tahun 2013, serta untuk tahun ini meningkat menjadi Swastisaba Wiwerda.  Dari 27 Provinsi yang ada di Jawa Barat hanya 17 yang diverifikasi, “ kata Yulianto.

Ia menjelaskan, penilaian Swasaba Wiwerda meliputi 4 tataran yakni Kawasan Pemukiman sarana dan prasarana umum, Kawasan Tertib Lalulintas, Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri serta Kehidupan Sosial yang sehat.

Wakil Walikota Usmar Hariman dalam kesempatan tersebut mengatakan 8 poin dari Millenium Development Goals (MDG’s) 2015 khususnya terkait persoalan masalah lingkungan hidup, baik dalam kapasitas penyediaan air bersih, maupun terkait dengan sarana prasarana sanitasi kota.  “Kota Bogor sudah melebihi target MDG’s yang dimaksud dari hasil paparan Bappenas beberapa waktu yang lalu,” jelasnya.

Usmar juga berharap fungsi pengawasan dan pengendalian lingkungan yang sudah dilakukan Provinsi Jawa Barat untuk skala kota dapat terakumulasi secara nasional sehingga Provinsi Jawa Barat apat masuk kategori provinsi sehat,” ujarnya.

Usai diterima di  Balaikota tim verifikasi melakukan peninjauan ke kawasan pedestrian menuju Stasiun Bogor, dan berlanjut ke Pasar Devris. Selain meninjau Puskesmas Pasir Mulya,  SMAN 5 Bogor,  dan Kecamatan Bogor Barat. (iso)

Sumber : bogornews.com