Persampahan

Diagram Sistem Sanitasi Pengelolaan Persampahan

diagram_persampahan


Pewadahan Sampah

Wadah sampah yang disediakan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor berupa tong sampah yang terbuat dari drum, fibre, dan HDPE yang diletakkan di jalan-jalan protokol untuk memudahkan pejalan kaki membuang sampah pada tempatnya, taman, dan fasilitas umum lainnya. Wadah sampah untuk fasilitas umum mayoritas disediakan Dinas Kebersihan Pertamanan Kota Bogor.

Pengumpulan Sampah
Pengumpulan sampah Kota Bogor dari sumber ke TPS dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Pengumpulan langsung dilayani langsung oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), yaitu sampah dari sumber diangkut oleh truk DKP Kota Bogor. Pengumpulan umumnya dilaksanakan oleh petugas kebersihan kota atau swadaya masyarakat (sumber sampah, badan swasta atau RT/RW),individu maupun komunal. Ketersediaan gerobak sampah merupakan indikator bahwa suatu kawasan terlayani pengelolaan sampahnya.

Penyapuan Jalan
Sampah di seluruh jalan protokol Kota Bogor dilayani oleh petugas penyapu jalan. Tugas penyapu adalah menyapu dan mengangkut sampah dari tempat sampah yang diletakkan di jalan protokol. Tidak ada peran swasta dalam penyapuan jalan Kota Bogor. Penyapuan dilakukan oleh 28 tim yang masing-masing diketuai oleh seorang mandor. Setiap mandor membawahi 15-20 orang penyapu jalan.

Tempat Penampungan Sementara (TPS)
Sebagian sumber sampah pengelolaan sampahnya yaitu pengumpulan tidak langsung dimana sampah dikumpulkan dari setiap sumber lalu disimpan di TPS. Bogor memiliki berbagai macam TPS yaitu TPS Kontainer, TPS Bak Terbuka, TPS Bak Tertutup.Jenis TPS mempengaruhi tipe pemindahan dan kendaraan pengengkut yang digunaan. TPS Kontainer diangkut menggunakan arm roll truck sedangkan TPS bak terbuka diangkut menggunakan dump truck. Waktu yang dibutuhkan untuk pemindahan sampah dari TPS bak lebih lama dibandingkan pemindahan dari kontainer.Berikut jenis kontainer yang dibangun dan digunakan.

Pengangkutan
Sistem pengangkutan sampah sangat berkaitan dengan sampah yang harus diangkut dari TPS dan sampah dari kegiatan penyapuan jalan. Pada pelaksanaan pola pengangkutan sampah, jadwal pengangkutan sampah berbeda-beda setiap jalurnya. Belum ada ketentuan jadwal yang pasti dari setiap jalurnya. Jadwal pengangkutan disesuaikan dengan volume timbulan sampah setiap titik angkut. Target pengangkutan adalah semua sampah diangkut dari TPS yang dilalui setiap rute mobil yang sudah ditentukan. Namun jika sampah sudah memenuhi volume kontainer hingga melebihi batas tinggi maksimum, maka armada pengangkut tidak bisa mengangkut sampah dari TPS target.

Pemuatan Sampah
Pemindahan sampah di Kota Bogor dilakukan sesuai dengan jenis TPS. Pemindahan sampah dari TPS bangunan bata dilakukan secara manual oleh petugas pengangkut sampah sedangkan pemindahan TPS Kontainer dilakukan secara langsung oleh mesin arm roll truck.