Daftar Istilah

IPAL

Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) (wastewater treatment plant, WWTP), adalah sebuah struktur yang dirancang untuk membuang limbah biologis dan kimiawi dari air sehingga memungkinkan air tersebut untuk digunakan pada aktivitas yang lain

IPLT

Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) adalah sarana yang berfungsi mengolah lumpur tinja yang berasal dari tangki septik yang secara periodik dikuras. Pengolahan lumpur tinja di IPLT ditujukan untuk mematikan bakteri dan virus serta telur cacing yang berasal dari tangki septik.

KSM (Kelompok Swadaya Berbasis Masyarakat)

Kelompok Swadaya Masyarakat disingkat KSM adalah kumpulan orang/masyarakat yang menyatukan diri secara sukarela dalam  kelompok  dikarenakan adanya ikatan pemersatu, yaitu adanya kepentingan  dan kebutuhan yang sama, sehingga dalam kelompok tersebut memiliki kesamaan tujuan yang ingin dicapai.

SANIMAS (Sanitasi Berbasis Masyarakat)

SANIMAS atau Sanitasi Berbasis Masyarakat adalah program untuk menyediakan prasarana air limbah bagi masyarakat di daerah kumuh padat perkotaan. Menyusul kesuksesan pilot program di enam kota di tahun 2003-2004, mulai tahun 2005 Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk meningkatkan sumber daya dalam mendukung replikasi dan scaling-up pendekatan fasilitas sanitasi terdesentralisasi berbasis masyarakat (decentralized wastewater treatment systems – DEWATS) secara nasional melalui program SANIMAS ini.

STBM

Strategi Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah aksi terpadu untuk menurunkan angka kejadian penyakit menular berbasis lingkungan diantaranya adalah diare, serta meningkatkan perilaku higienitas dan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia.

TPS 

TPS (Tempat Penampungan Sementara) adalah tempat sebelum sampah diangkut ke tempat pendaur ulangan, pengelolaan, dan/ atau tempat pengelolaan sampah terpadu (menurut UU no 18 tahun 2008).

TPSPT

TPST (Tempat Pengolahan Sampah Terpadu) yaitu tempat dilaksanakannya pengumpulan, pemilahan, penggunaan ulang, pendaur ulangan, dan pemrosesan akhir sampah (menurut UU no 18 tahun 2008).

TPA

TPA (Tempat Pemrosesan Akhir) adalah tempat untuk memproses dan mengembalikan sampah ke media lingkungan secara aman bagi manusia dan lingkungan (menurut UU no 18 tahun 2008).

TPS 3R (Tempat Pengelolaan Sampah - Reuse Reduce Recycle)

Tempat pengolahan sampah dengan prinsip 3R (reduce, reuse, recycle) yang selanjutnya disebut TPS 3R adalah tempat dilaksanakannya kegiatan pengumpulan, pemilahan, penggunaan ulang, dan pendauran ulang skala kawasan. (Menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2012)