AKSANSI

Aksansi merupakan Asosiasi KSM Sanitasi Seluruh Indonesia, sebuah asosiasi yang beranggotakan KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) Sanitasi, sebagai wadah atau forum komunikasi bagi para pengurus KSM dan operator Sanitasi yang tersebar hampir di seluruh Indonesia.

AKSANSI lahir dengan didasari oleh kepedulian para pengurus KSM dan operator Sanitasi (DAK/SLBM, Sanimas, Sanfab) terhadap sarana sanitasi yang telah dibangun sejak tahun 2003 (di Bogor sejak tahun 2007) dan dikelola sendiri oleh masyarakat yang tinggal di permukiman padat dan miskin di perkotaan (pakumisperkotaan) agar sarana tersebut dapat terus dimanfaatkan dan dirawat secara baik dan berkelanjutan.

AKSANSI dibentuk berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, Bab XIV Pasal 34 Ayat 2 yang berbunyi: “Negara mengembangkan system jaminan social bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan” dan Ayat 3 yang berbunyi: “Negara bertanggungjawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak”. AKSANSI berdiri pada tanggal 23 November 2006 di Yogyakarta dan dilegalkan dengan Akta pada kantor notaries Raden Heri Sartana, SH di Sleman dengan nomor 03 tanggal 24 Mei 2011. Kantor kesekretariatan AKSANSI berada di Jalan Pandega Mandala 34 C Yogyakarta 55281.

AKSANSI Kota Bogor dibentuk pada tanggal 6 Februari 2014 dan dilegalkan dengan Akta pada Kantor Notaris Nitra Reza, SH, M.Kn di Bogor pada tanggal 12 Nopember 2014 Nomor 10, dengan jumlah anggota sebanyak 44 anggota KSM Sanimas/DAK SLBM/Sanfab dan 5 anggota KSM STBM. Pada akhir tahun 2014 keanggotaan AKSANSI Kota Bogor bertambah 3 anggota KSM SLBM, sehingga jumlah seluruh anggota KSM Sanimas/DAK SLBM/Sanfab pada tahun 2015 menjadi 52 KSM. Kantor Kesekretariatan Aksansi Kota Bogor berada di Kelurahan Pamoyanan RT. 01 RW.02 (KSM “Rosella”), Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor.

Susunan Pengurus AKSANSI Kota Bogor :

NO

JABATAN

NAMA

INSTANSI

1

Pelindung

 

 

2

Penasehat

 

 

3

PENGURUS/ KELOMPOK KERJA :

ASAL KSM

1)

K e t u a

H. M. Husein

Rosella (SLBM Th. 2010)

2)

Sekretaris

Abas B. Djoehari

Pancuran (Sanimas Th 2013)

3)

Bendahara

Ipah Saripah

Bunga Indah (Sanimas Th. 2012)

4)

BidangTeknis

Ahyani

Al-Barokah (SLBM Tahun 2010)

5)

BidangHumas

Joko Mukti

Sempurna (STBM Tahun 2012)

6)

BidangSosial

Lilis Solihah

Baabul Jannah (Sanimas Th 2012)

7)

Bidang Pemberdayaan Perempuan

Neni Maryani

Sejahtera (Sanfab Tahun 2013)

8)

Bidang Organisasi dan Kerjasama KSM

AchmadFuad SA

Cemper Asri (SLBM Tahun 2013)

9)

Bidang Pengembangan KSM

Nelson Hutabarat

Gelatik 14 (Sanimas Tahun 2012)

10)

Staf Sekretariat

Zainal Abidin

Al-Muttaqien (Sanimas Th 2013)

  

Visi dan Misi AKSANSI :

Visi :

  1. Menjadikan segenap rakyat Indonesia khususnya yang bertempat tinggal di perkotaan mempunyai akses/sarana sanitasi yang memadai dan dikelola secara berkesinambungan;
  2. Mewujudkan seluruh warga yang tinggal dikawasan padat khususnya perkotaan memiliki hak yang sama terhadap akses/sarana sanitasi yang memenuhi syarat dan berkelanjutan.

Misi :

Memberdayakan warga masyarakat terutama yang tinggal dikawasan padat perkotaan serta kelompok pemakai sarana sanitasi komunal di Indonesia agar dapat mengelola sarana sanitasi secara berkelanjutan.

Maksud dan Tujuan AKSANSI :

  1. Asosiasi ini bermaksud mendorong percepatan terpenuhinya kebutuhan masyarakat yang tinggal diperkampungan padat perkotaan untuk mendapat akses/sarana sanitasi yang baik, memadai dan berkelanjutan;
  2. Asosiasi ini bertujuan mewujudkan masyarakat dan lingkungan yang sehat, bersih, nyaman dan asri;

Sifat, Tugas dan Fungsi AKSANSI 

Sifat :

Asosiasi ini bersifat independent sesuai prinsip demokrasi, partisipatip dan anti kekerasan. 

Tugas :

  1. Melaksanakan monitoring dan asistensi kegiatan Kelompok Swadaya Masyarakat dalam hal teknis, kelembagaan dan dana serta membantu Kelompok Swadaya Masyarakat Sanitasi Masyarakat (KSM SANIMAS/SLBM/SANFAB) apabila mengalami kesulitan dalam tiga hal
  2. Melatih Kelompok Swadaya Masyarakat Sanitasi Masyarakat (KSM SANIMAS/ SLBM/SNAFAB) yang baru.
  3. Mempromosikan Asosiasi keberbagai pihak/stakeholder.
  4. Memberikan Sertifikat untuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM).
  5. Menyelenggarakan SANIMAS AWARD setiap tahun

Fungsi:

  1. Membantu Pemerintah bekerjasama dengan pihak terkait untuk mengembangkan sarana Sanitasi Masyarakat lebih
  2. Membantu Kelompok Swadaya Masyarakat dalam mengelola sanitasi yang sudah dibangun agar sarana tersebut dapat difungsikan secara optimal dan berkelanjutan 

Semangat :

Asosiasi ini dilandasi oleh semangat kebersamaan, kekeluargaan, kesetaraan dalam kerjasama membantu pemerintah untuk mewujudkan kepentingan umum, sebagaimana Bab XIV Pasal 34 Undang-undang Dasar 1945, butir kedua“ Negara mengembangkan Sistem jaminan social bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai martabat kemanusiaan”, serta butir ketiga, “Negara bertanggungjawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak”.