Laporan EHRA Kota Bogor Tahun 2014

17 Oktober 2015

Laporan Survey Penilaian Risiko Kesehatan Lingkungan
ENVIRONMENTAL HEALTH RISK ASSESMENT (EHRA)
Kota Bogor Tahun 2014

Kata Pengantar

Sanitasi sebagai salah satu wujud pelayanan dasar bidang kesehatan seringkali terlupakan dan tidak menjadi prioritas. Terdapat 26 kab/kota di Jawa Barat diantara 330 kab/kota di Indonesia bermasalah dalam bidang sanitasi. Melalui Konferensi Sanitasi Nasional (2007), International Year of Sanitation (2008), Konvensi Strategi Sanitasi Perkotaan (2009), maka lahirlah Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) melalui penyusunan Strategi Sanitasi Perkotaan (SSK).

 Ada enam tahapan kegiatan program PPSP, yaitu :

  1. Tahap 1: Kampanye, edukasi, advokasi dan pendampingan
  2. Tahap 2: Pengembangan kelembagaan dan peraturan
  3. Tahap 3: Penyusunan strategi sanitasi kab/kota
  4. Tahap 4: Penyiapan memorandum program
  5. Tahap 5: Pelaksanaan/implementasi, dan
  6. Tahap 6: Pemantauan, pembimbingan, evaluasi dan pembinaan


Pada tahun 2010 Kota Bogor telah melaksanakan penyusunan strategi sanitasi kota (SSK). Dalam penyusunan SSK ini dilaksanakan cukup banyak studi sebagai bahan masukan dalam penyusunan Buku Putih. Salah satu studi tersebut adalah studi EHRA. Pada tahun 2014 ini dilakukan kembali studi EHRA sebagai evaluasi terhadap kondisi sanitasi setelah dilaksanakan berbagai program pembangunan sanitasi selama 4 tahun berjalan, sekaligus juga sebagai bahan penyusunan Buku Putih. Hasil studi EHRA selengkapnya dapat kita simak bersama dalam laporan ini. Laporan ini kami susun dengan menyajikan data sanitasi berupa diagram dan tabel. Dengan penyajian berupa diagram dan tabel, kami berharap dapat lebih mudah untuk dipahami. 

Kami sebagai penangung jawab, koordinator survei, dan tim EHRA dalam Kelompok Kerja Sanitasi Kota Bogor pada kesempatan ini ingin mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam survei ini. Kami ucapkan terima kasih kepada para anggota Karang Taruna Kota Bogor dari 68 kelurahan, para sanitarian/ pelaksana sanitasi Puskesmas se-Kota Bogor, teman-teman di Seksi Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan, dan seluruh anggota Pokja Sanitasi Kota Bogor.

Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pembangunan sanitasi dan seluruh masyarakat di Kota Bogor 

Bogor, 12 Desember 2014

 

Penyusun

 

Unduh PDF: